Halo Cantik, Yuk Berkendara Aman!

"Sharing is caring", they said.
and I'm totally agree!


Halo teman-teman,
Selamat malam! Bagaimana hari kalian? Sudahkah berbagi untuk sesama hari ini?
Berbagi tidak hanya soal materi melulu, tapi juga semangat, pengetahuan, senyum, kebahagiaan, dan (mungkin) pekerjaan, lol!

Malam ini ada beberapa fakta yang ingin aku share ke kalian :)
Wanita modern jaman sekarang mempunyai tingkat mobilitas yang tinggi, baik sebagai mahasiswa, karyawan, entrepreneur, maupun ibu rumah tangga. Kadang menggunakan transportasi umum tidaklah cukup untuk memenuhi mobilitas itu, sehingga banyak wanita sudah mulai belajar berkendara sendiri, baik mobil maupun motor.

Ngomong-ngomong soal berkendara sendiri, sedikit cerita tentang aku.

Percaya atau tidak, di umurku yang seperempat abad ini, aku baru belajar mengendarai mobil dan motor. Terlambat? Tidak juga.

Dulu, ketika aku SMP kelas 3, aku sudah mulai belajar mengendarai motor. Kala itu memang umur-umur yang pas untuk mulai belajar berkendara. Aku ingat, dulu aku belajar mengendarai motor dengan wawasan yang tidak cukup, tidak memakai helm, tidak memperhatikan fungsi lampu sen dan kaca spion, tidak fokus saat berkendara dan masih banyak lagi. Tapi hal itu aku lakukan di komplek rumahku saja.

Jatuh karena tidak seimbang mungkin hal yang biasa. Namun jatuh di jalan raya dan hampir tertabrak mobil saat jatuh, merupakan hal yang tidak bisa aku lupakan. Hanya menggunakan jaket saat berkendara, alhasil banyak badan yang bonyok dan kepala memar dan sedikit bercucuran darah.
Iya, aku trauma!

Aku tidak lagi menyentuh kendaraan bermotor itu, dan lebih mengandalkan transportasi umum jika ingin pergi kemana-mana (jika tidak diantar papa maupun abang aku).
Kuliah, internship, dan bekerja aku lalui dengan bersahabat dengan transportasi umum. Aku tidak berkecil hati ketika harus menggunakan transportasi umum, selain merasa lebih aman, trauma aku belum hilang.

Melihat mobilitas aku yang cukup tinggi, pada akhirnya pacar menanyakan bagaimana jika aku kembali belajar mengendarai motor maupun mobil.
Apa yang aku rasakan??
Mulanya ragu, takut, khawatir kejadian masa lalu terulang lagi, cemas dan tidak percaya diri. Namun aku sadar, aku tidak mau terpenjara dalam traumaku. Trauma itu harus aku sembuhkan dengan niatku sendiri. Jadilah aku bertekad "CINDYARTHA HARUS BISA MENYETIR LAGI YA!!" Dan pada akhirnya, aku mulai lagi dari awal untuk mengendarai motor dan mobil, dengan cara yang benar dan aman.

*******

Sepertinya universe mendukung tekad bulat aku!
Aku percaya, niat baik akan membawa kita ke hasil yang baik melalui jalan yang baik. Baru-baru ini teman lama ku mengenalkan aku pada suatu komunitas super positif untuk para pengendara wanita agar sadar pentingnya berkendara aman, yaitu QUEENRIDES! And I'm so proud to join this community.

Nah sekarang aku mau share nih beberapa fakta dari QUEENRIDES tentang berkendara di Indonesia.
Tahukah teman-teman, kalau Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan kecelakaan lalu lintas yang tertinggi di dunia? Setiap 1 jam, ada 3 orang meninggal dunia di jalan akibat kecelakaan :(
Dalam 3 tahun terakhir, jumlah pengendara perempuan baik motor maupun mobil meningkat hingga sekitar 42%, sementara angka kecelakaan yang melibatkan perempuan bermotor meningkat hingga 49.5% (Data Korlantas, 2014)
Artinya, angka pertumbuhan kecelakaan melaju lebih cepat dibanding angka pertumbuhan pengendara itu sendiri.


Survey Queenrides yang melibatkan 800an perempuan usia 24-40 tahun menunjukkan 80% dari perempuan yang berkendara mencari nafkah untuk keluarganya :')
Meskipun ditangani oleh sejumlah kementrian dan kepolisian, kondisi krisis road safety tersebut luput ditangkap publik secara luas sebagai isu yang krusial. Industri otomotif dan transportasi yang sangat maskulin, luput melihat bahwa diperlukan penanganan khusus terkait perempuan, sehingga belum ada pihak dan institusi yang menyentuh isu safety riding dengan serius maupun mengomunikasikan dengan cara yang efektif kepada perempuan.

#WomenRideSafe adalah sebuah movement yang diinisiasi oleh Queenrides (www.queenrides.com), sebuah start-up social enterprise berbasis teknologi, yang berbentuk platform online dan offline untuk perempuan pertama di dunia yang dibangun dengan tujuan memberdayakan perempuan agar sadar pentingnya berkendara aman.

Dari Januari 2016 hingga hari ini (awal November 2016), dengan pengelolaan bisnis yang profesional dan tanpa donasi, QUEENRIDES sudah memiliki lebih dari 200.000 komunitas online offline tersebar di seluruh Indonesia. QUEENRIDES juga sudah mengadakan 15 kali aktifitas offline untuk mengedukasi sekitar 1000 perempuan. Dari yang semula hanya lingkup kecil, QUEENRIDES terus bergerak menjangkau lebih banyak perempuan dengan mengadakan edukasi office to office bahkan mall to mall.


Kita bisa kok membantu menurunkan angka dari beberapa fakta kecelakaan yang kurang menyenangkan ini. Yuk cantik, ikutan menjadi bagian dari movement ini dan belajar safety riding bersama ratusan ribu perempuan lain! Silahkan daftar di http://www.queenrides.com/womenridesafe

Website: www.queenrides.com
Instagram: @queen_rides
Twitter: @queenrides

Aku sudah bergabung loh, karena AKU SUPPORT #WOMENRIDESAFE !

Oiyah jangan lupa share pengalaman kamu saat berkendara ya, girls! ;)

See ya on the next post! xx


Cheers,

            
Instagram : @cindyartha
Twitter :@cindyartha
E-mail : cindyarthaa@gmail.com
Share this post to your social media by click the icon down below




2 comments: