Event Report: Ngopi Cantik 22 April Bersama Queenrides

Hai beauties! 
Masih ingat post aku waktu mengajak kalian untuk beauty class gratis dari Sariayu & Queenrides?


Beauty class dari Sariayu kemarin adalah salah satu bagian dari acara Ngopi Cantik 22 April yang diselenggarakan oleh QUEENRIDES.
QUEENRIDES itu apa sih, Cind?
Mungkin di antara kalian masih asing dengan QUEENRIDES ya, girls. QUEENRIDES adalah sebuah komunitas yang mengedukasi para pengendara wanita baik mobil maupun motor untuk berkendara secara aman namun tetap fashionable, seperti triloginya Safety, Style, and Beauty

Ngopi Cantik bersama QUEENRIDES ini sudah diadakan beberapa kali setelah official launching mereka di tanggal 20 November 2016, dan kebetulan Ngopi Cantik di tanggal 22 April 2017 ini merupakan acara ngopi cantik ke-19 yang QUEENRIDES adakan.
Acara pertama diawali dengan pembahasan beberapa fakta dan data statistik tentang berkendara di Indonesia, seperti:
1. Indonesia merupakan negara dengan tingkat pertumbuhan kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia (Sumber: Data Global Status Report on Road Safety, WHO)
2. Setiap 1 jam, ada 3 orang meninggal di jalan akibat kecelakaan. Bayangkan kalau 1 hari? Lebih dari 70 orang, girls!
3. Dalam 3 tahun terakhir, jumlah pengendara perempuan baik motor maupun mobil meningkat hingga sekitar 42%, sementara angka kecelakaan yang melibatkan perempuan bermotor meningkat hingga 49.5% (Data Korlantas, 2014), yang artinya angka pertumbuhan kecelakaan melaju lebih cepat dibanding angka pertumbuhan pengendara itu sendiri
4. Perbandingan tingkat kecelakaan antara perempuan dan laki-laki adalah 5 : 2
Setelah kita dibukakan mata dengan fakta yang ada, Mba Citra Ayu Lestari dari Road Safety Association menjelaskan beberapa hal yang penting pada saat berkendara. Yang dibahas pertama kali adalah rencanakan perjalananmu.
Rencana perjalanan di sini tidak serta merta hanya tujuan, tetapi juga mencakup:
1. persiapan diri untuk melakukan perjalanan
2. kondisi kendaraan
3. management perjalanan seperti jalan yang akan dilalui menuju tempat tujuan, tempat peristirahatan yang aman, nomor telefon darurat, dan biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan.

Masih dari Road Safety Association kini Om Rio Octaviano yang menjelaskan tentang bagaimana berkendara aman. Penting diketahui untuk para wanita rider maupun driver, bahwa aman berkendara sesungguhnya diawali dari diri sendiri. Mudahnya adalah berpegangan dengan segitiga RSA:
1. Rules : sebagai pengendara yang baik kita harus mengetahui, memahami dan mengikuti peraturan lalu lintas ya, girls.
2. Skills : pastikan memang kita para pengendara mempunyai kemampuan berkendara yang mumpuni. Selain itu berkendara lah dengan penuh konsentrasi ya, girls.
3. Attitudes : berkendaralah dengan etika, jalanan bukan milik kita seorang, girls, tetapi milik bersama.

Di acara Ngopi Cantik 22 April bersama QUEENRIDES ini, kita juga diberikan pengarahan oleh Mba Hanani Marha bagaimana busana yang cocok dan aman untuk digunakan berkendara motor dan mobil.

Busana yang perlu diperhatikan dalam berkendara motor adalah:
  • Warna yang tidak mencolok
  • Menggunakan jaket kulit
  • Menggunakan celana panjang
  • Menggunakan sepatu kets yang menutupi mata kaki
  • Rambut diikat ke arah belakang

Nah untuk pengendara mobi,l ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam berbusana, yaitu:
  • Penggunaan flare skirt diperbolehkan, justru lebih memudahkan ruang gerak dibandingkan menggunakan span skirt, jangan lupa menggunakan celana pendek di dalam rok ya, girls
  • Menggunaan sepatu kets atau sneakers, jangan high heels, agar ketika menginjak gas atau rem tidak slip.
Lelah berkendara? Super emosi karena jalanan macet terus dan bikin telat berkegiatan? Nah, girls, kali ini kita diajak untuk menenangkan diri dari penatnya jalanan ibukota dengan yoga singkat, sederhana namun membuat rileks saat berkendara oleh Mba Astrid Amalia.
Gerakan yoga yang diajarkan Mba Astrid Amalia termasuk yang mudah, girls, dapat dilakukan sebelum, saat, dan juga sesudah berkendara yang akan membuat hati lebih tenang, bahagia, dan pada akhirnya fokuspun menjadi meningkat 🙌🙌

Ngopi Cantik bersama QUEENRIDES juga menghadirkan Ibu Sri dari SATLANTAS yang berbagi informasi tentang pentingnya memiliki SIM jika ingin berkendara. Penting bagi kita untuk mengikuti prosesnya dengan baik, benar, dan jujur. Coba di sini, siapa yang SIM nya masih nembak hayoo? :p

Memiliki SIM bukan tentang tidak akan kena tilang. Tetapi, tentang bagaimana kita peduli dengan keselamatan diri sendiri dan orang lain saat berkendara. Setuju ga, beauties?

Ibu Sri juga mengajari kami untuk selalu menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.
SAYA PELOPOR KESELAMATAN BERLALU LINTAS! 😎
Hadir juga Mba Andita sebagai perwakilan dari Pertamina Lubricants yang sharing tentang oil mineral dan oli sintesis. Adakah diantara kalian yang tahu perbedaannya, girls?
Kadang masalah oli ini suka kita abaikan ga sih? hihihi. Nah pada acara Ngopi Cantik bersama QUEENRIDES kali ini aku jadi tahu perbedaannya. Selain itu kita juga disadarkan jika pergantian oli kendaraan itu harus berdasarkan jarak tempuh kendaraan, jangan menggunakan insting :)

Dan acara ngopi cantik ini ditutup dengan cantik oleh Beauty Class dari Sariayu.


Nah sekian dulu sharing tentang tips berkendara aman yang aku dapatkan pada acara Ngopi Cantik Bersama QUEENRIDES ya!
Untuk yang belum pernah ikutan acara ngopi cantik dan ingin menghadirinya, tenang girls, acara Ngopi Cantik ini akan ada lagi kok! Jadi make sure kalian pantengin aja website dan sosial medianya.
Ketemu lagi di post aku selanjutnya yaa...
Stay humble and keep gorgeous! 
Cheers,
            
Instagram : @cindyartha
Twitter :@cindyartha
E-mail : cindyarthaa@gmail.com

Share this post to your social media by click the icon down below.
Please do not copy both of photos and words without any permission.

6 comments:

  1. Acara ke 19 ? Wuih udah banyak banget dong berarti acara sebelumnya...

    Mau dong ikut yang ke dua puluh *tapi takut terbentur jadwal kuliah
    *duh penge cepet lulus
    Hahahahaa


    Eh iya loh wanita itu harus beretika kalau naik motor, sering aku liat ibu ibu sen kekiri tapi belok ke kanan. Kan mencoreng nama baik wanita dalam berkendara tuh haahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo ada yang kesekian kalinya aku ngajakin kamu yaa hehe
      MAKANYA CEPET LULUS DONG HAHAHAHA

      selagi di UU ga ada tulisan sen kiri tapi belok kanan, kayanya ibuibu masih akan melakukan hal tersebut deh hihihih. Makanya penting banget paham kendaraan dan skill sendiri ;)

      Delete
  2. omaaaaaay cepet kali neng kau post ini hahaha.
    and syuper duper lengkap. syukaaak.

    www.nands.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi nanti main main lagii ya Nandaaa di acara queenridess :D

      Delete
  3. Acaranya nampaknya bagus banget ya Cindy, mengedukasi banget kalau berkendara yang baik dan aman buat perempuan itu yang kaya gimana :)
    Akupun mau berbenah diri pas naik motor deh, hehe

    www.destywidy.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Desty bener banget, aku teredukasi banget dengan acara ini.
      Yuk sama sama bebenah untuk jadi pengendara yang baik :D

      Makasih sudah mampirr hehehe

      Delete