Coffee Talks: Mengoptimalkan SEO ala Beauty Blogger

Happy Sunday, beauties!
Semoga hari kalian selalu menyenangkan yaa.

Hari ini aku datang tidak dengan foto-foto produk, foto wajahku maupun berkas review, melainkan obrolan ringan nan serius untuk para blogger, khususnya beauty blogger.
Sebagai seorang blogger, apa sih sebenarnya tujuanku?

First things first is sharing. 
Nah karena aku basic nya adalah orang accounting & finance, aku harus menetapkan goals ini dengan angka, mau sampai level apa sih sharing yang aku mau berikan kepada reader aku?
Kalau aku pribadi, salah satu ukurannya ada pageviews. Pageviews yang tinggi menandakan post yang aku bagikan lebih sering dibaca orang, dan tentunya semakin banyak dibaca orang, aku bisa mengambil kesimpulan bahwasanya sharing yang aku bagikan bermanfaat dan memberikan informasi yang cukup untuk reader ku.

Beberapa bulan setelah aku kembali ngeblog, aku membuat konsep sedemikian rupa untuk blog ku. Termasuk teori dan praktik yang ada hubungannya dengan pageviews.
Penasaran apa? 

Tentu saja SEO.

Nah kebetulan banget nih, komunitas blog aku, BEAUTIESQUAD mengadakan satu content untuk belajar beberapa hal terkait dengan blog, namanya Ngopi Cantik. Ngopi Cantik diadakan tiap bulan, dan bulan September ini temanya adalah Belajar SEO Blog dengan founder dari Blogger Perempuan, yaitu Mba Shintaries Nijerinda. Mba Shintaries ini sudah jadi legend di dunia blog, beauties. Jadi ilmu nya ga perlu diragukan lagi, kece banget lah pokoknya.
Selayaknya Mba Shintaries yang dengan humble nya berbagi hal-hal tentang SEO, aku pun aku mencoba membagikan ilmu yang aku dapat dari mba kece satu ini.
Langsung mulai saja yuk!

Apa itu SEO?
SEO adalah Search Engine Optimization, yang artinya optimasi mesin pencari. Bahasa awamnya, tulisan kita di blog, kita optimasikan sedemikian rupa agar dapat ditemukan di mesin pencari. Mesin pencari ini contohnya ya Google.

Lalu pembahasan dibagi menjadi 2 bagian: Teori dan Teknis.
Mulai dari teori dulu ya, beauties.

Apa sih yang membuat blog kita terindeks oleh Google?
1. Otoritas Blog
Yang dimaksud otoritas blog adalah kepemilikan blog. Google akan lebih memprioritaskan blog dengan akun yang tidak anonim dan memiliki identitas yang jelas. Salah satunya dengan mengisi data di http://aboutme.google.com
Bisa kamu isi semua datanya, untuk menunjukkan kepemilikan blog kamu.
Otoritas blog juga sering diartikan dengan Domain Authority (DA), dimana semakin besar nilainya, berarti semakin sering pula selalu terindeks di Google.

2. Content
Isi konten tentu saja harus berkualitas, dalam artian tidak copy paste, natural dan buatan sendiri ya!
Yang paling disukai Google adalah yang rutin update (kemudian aku introspeksi diri hahahaha).
Berbicara tentang konten, video dan foto tentu saja termasuk di dalamnya. So, makesure, kamu juga harus mengoptimasikan video dan foto-foto di dalam blog kamu. Selain itu, konten dengan satu tema khusus (misalnya aku Beauty), bisa mendapatkan tempat khusus di hati Google.

3. Template yang Fast Loading
Template memegang peranan penting dalam SEO, sekitar 60%-80%. Makanya jangan heran kalau ada yang jual blog template dengan harga yang tidak murah. So ya hindarilah template yang terlalu banyak script, ornamen, music dan image yang terlalu besar. Hal ini karena loading yang dibutuhkan Google adalah sepersekian detik untuk bisa muncul di halaman pertama. Nah ukuran secepat itu hanya bisa dideteksi apabila template blog kamu adalah seperti yang aku sebutkan sebelumnya.

4. Mobile Site
Untuk responsive atau mobile site ini sudah sangat sangat sangat tidak bisa ditawar ya, beauties. 90% akses website, blog, dan aplikasi sepenuhnya sudah melalui mobile. Jadi apabila blog kamu tidak bisa dibaca secara mobile, wassalam aja hehehe.

5. Backlink
Yang terakhir, yang paling banyak dicari, yang paling banyak menentukan posisi dan prestasi adalah Backlink. Banyak yang meyakini, posisi di search engine ditentukan oleh banyaknya backlink yang dimiliki oleh blog. Itulah kenapa blog dengan posisi bagus di search engine, DA nya akan tinggi.

Sekarang lanjut ke teknis nya yuk!
Kalau teknis nya sih sebenarnya lebih ke arah bagaimana kita menulis kontennya. Jadi, baik sebelum maupun sesudah publsih, kita harus mulai double check dulu kontennya. Kan SEO ini bukan hal magic yang bisa langsung ada hasilnya.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengoptimasi Google ataupun mesin pencari lainnya?
1. Menaruh kata kunci di judul
Jadi misalnya kata kunci yang ingin dimasukkan adalah "nama brand BB Cushion" . Maka buatlah judul semenarik mungkin namun tetap ada "nama brand BB Cushion" nya.
Contohnya adalah Maybelline Super BB Cushion Fresh Matte (Bahasa Indonesia) | Cindyartha Aprilia

2. Ubah permalink
Untuk judul yang telah disebutkan di no 1, secara default maka link yang muncul adalah
www.cindyartha.com/maybelline-super-bb-cushion-fresh-matte-bahasa-indonesia
Tapi untuk keperluan SEO, maka kamu harus mengubahnya menjadi
www.cindyartha.com/maybelline-super-bb-cushion-fresh-matte yaa.

3. Jumlah kata
Google sangat menyukai konten dengan jumlah kata yang banyak. Sesuai riset, jumlah kata yang sering terindeks adalah 800-1000 kata. Mba Shintaries menyarankan, untuk blog yang niche nya beauty, 800 kata saja sudah cukup.

4. Image
Sebelum upload image, please resize and rename dulu dengan KEYWORD.

5. Internal dan Eksternal Link
Selalu tambahkan link ke tulisan lain dalam blog kita dan juga link ke blog/web lain sebagai referensi yaa. Related post dan read more di halaman awal juga diperlukan karena hal ini dianggap internal link. Namun jangan gunakan blogroll yang ada di sidebar yaa, karena eksternalnya dianggap tidak baik, terlalu banyak link keluar oleh Google.

6. Meta Deskripsi
Yang paling penting dari teknis SEO adalah meta deskripsi. Mengapa? Karena ini merupakan ringkasan dari konten kita yang akan muncul pada hasil pencarian. Selain itu, meta deskripsi juga akan berpengaruh pada ketertarikan orang untuk mengklik tulisan kita.


Nah mungkin segitu aja yang bisa aku rangkum dari apa yang sudah disampaikan oleh Mba Shintaries di Ngopi Canti #2 Beautiesquad beberapa waktu lalu. Semoga bermanfaat ya untuk kalian yang ingin mulai belajar mengenai SEO.
Membuat blog itu mudah, yang susah adalah merawatnya. So make sure kamu mau terus belajar perkembangan dunia digital supaya blog kamu (dan aku) tetap berkualitas dan mendapat tempat di hati Google.

Ketemu lagi di post aku selanjutnya yaa! 

Cheers,
            
Instagram : @cindyartha
Twitter :@cindyartha
E-mail : cindyarthaa@gmail.com

Share this post to your social media by click the icon down below.
Please do not copy both of photos and words without any permission.
This is a sponsored review, but the post is a honest opinion based on my experience using the product.

4 comments:

  1. Suka banget materi kemarin :D
    jadi makin semangat optimasi blog

    fujichan.net

    ReplyDelete
  2. Infonya bermanfaat banget nih, menarik juga pembahasannya, mampir juga ya kesini menggenai solusi kewanitaan KLIK DISINI

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat, dan sudah banyak yang dibookmark oleh saya, biar bisa dibaca-baca lagi nanti...😊

    ReplyDelete
  4. Baru tau yang about me dan meta deskripsi. Thanks sharingnya, langsung dipraktekin nih hehe :)

    ReplyDelete